LAYALI, Program Baru STAIDHI untuk Mengisi Kegiatan Mahasiswa di Bulan Suci Ramadan

LAYALI, Program Baru STAIDHI untuk Mengisi Kegiatan Mahasiswa di Bulan Suci Ramadan

Bangkalan, 11 April 2021.
Untuk mencapai lulusan STAIDHI yang memiliki kualifikasi keilmuan unggul, profesional, berakhlaqul karimah, dan memahami ilmu agama khas pesantren maka secara sah akademik STAIDHI akan memberlakukan kegiatan Layanan Program Khusus Mahasiswa STAIDHI atau disingkat LAYALI.

Program tersebut akan dimulai dan diterapkan mulai tanggal 1 Ramadan 1442 H atau bertepatan dengan tanggal 13 April 2021. Secara teknis program tersebut sebetulnya sudah menjadi tradisi tahunan bagi santri di ponpes darul hikmah, mulai sejak pesantren ini didirikan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini yang terlibat dalam pengajian khataman kitab bukan hanya santri mukim saja akan tetapi juga mahasiswa yang kuliah di kampus STAI Darul hikmah bangkalan. Program ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Hikmah, Langkap, Burneh. Dalam pelaksanaannya program LAYALI ini berisikan kegiatan pengajian kitab kuning (khataman kitab).

Untuk pengajian/khataman kitab yang akan diikuti oleh mahasiswa adalah 3 kitab yang berada dibawah asuhan dan bimbingan 3 Masyayikh Ponpes Darul Hikmah Bangkalan, dalam kegiatan pengajian ini Mahasiswa diperkenankan dan bebas menentukan pengajian kitab yang ingin diikuti diantaranya :

  1. KH. Bustomi Arisandi, SH, MH. dengan khataman kitab Sullamut-Taufiq, Waktu pelaksanan: Jam 16.00 s/d selesai. Tempat peleksanaan: di Masjid Baitul Hakam, Ponpes Darul Hikmah Bangkalan
  2. KH. Imamul Muttaqin, SH, MH. dengan Khataman kitab Taysiru Mustholahul Hadist. Waktu pelaksanaan: jam 08.00-11.00 dan jam 16.00-05.00, Tempat pelaksanaan: Aula SMK Darul Hikmah Bangkalan
  3. KH. Zainal Hakim, M.Pd.I. dengan Khataman kitab As-Syama’ilul Muhammadiyah, Waktu pelaksanaan: Jam 08.00-11.00. tempat pelaksanaan: di Masjid Baitul Hakam, Ponpes Darul Hikmah Bangkalan

Merujuk pada dokumen Pedoman dan Teknis Pelaksanaan Kegiatan LAYALI, Tujuan Kegiatan tersebut adalah Menanamkan dan mentradisikan nilai nilai keislaman dan wawasan kepesantrenan dalam diri mahasiswa, serta mengembangkan ilmu pengetahuan mahasiwa khususnya dalam segi ilmu pengetahuan agama berbasis nila-nilai pesantren.
Selain tujuan diatas, Manfaat yang diperoleh dalam program ini ialah Meningkatkan ilmu pengetahuan keislaman dan wawasan kepesantrenan bagi mahasiswa terutama tentang kajian kitab kuning dan tradisi khataman kitab dipesantren.

Dokumen Pedoman dan Teknis Pelaksanaan Kegiatan LAYALI dapat di unduh > DISINI <

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *