Monitoring KKN 2021-2022, Potensi Desa dan Ekonomi Kreatif Menjadi Target Mahasiswa KKN

Monitoring KKN 2021-2022, Potensi Desa dan Ekonomi Kreatif Menjadi Target Mahasiswa KKN

Bangkalan, 22 Januari 2022

Pelaksanaan KKN STAI Darul Hikmah Bangkalan sudah masuk pada hari ke-19, para pimpinan STAI Darul Hikmah Bangkalan melakukan monitoring.

Monitoring yang dihadiri oleh semua pimpinan dilaksanakan untuk melihat hasil kerja nyata para mahasiswa dalam melakukan penhabdian kepada masyarakat.

Monitoring pertama para pimpinan datang ke Desa Lombang Daya. Desa ini berpotensi menghasilkan jagung yang sangat melimpah. Oleh karenanya, para mahasiswa membuat olahan yang bahan bakunya dari jagung.

Olahan tersebut nantinya akan kami sosialisasikan kepada masyarakat, agar menjadi salah satu penggerak ekonomi di masyarakat Lombang Daya, ungkap Sahrul Ifaldi, ketua kelompok Lombang Daya.

Selanjutnya, para pimpinan bergerak menuju Desa Ko’olan. Di desa tersebut masyarakatnya mayoritas petani padi.

Alhasil, mahasiswa peserta KKN di desa tersebut membuat terobosan berupa obat hama bagi para petani.

Obat ini nantinya akan kami sosialisasikan kepada masyarakat, sehingga dengan adanya obat hama ini masyarakat disini bisa terbantu dan membuat sendiri, sehingga tidak memerlukan biaya tambahan lagi, tutur Yusron, Ketua kelompok Ko’olan

Kelompok terahir yang dikunjungi para pimpinan adalah Desa Pangeran Gedungan.

Sebagaiamana Desa sebelumnya, mahasiswa membangun dan mengembangkan potensi yang ada di Desa yakni dengan olahan produk minuman wedang sereh.

Ladang sereh yang melimpah di Desa ini menjadi salah satu target dalam kegiatan KKN ini, menurut ketua kelompok Desa Gedungan, Rahulana.

Kegiatan KKN ini akan selesai pada tanggal 27 Januari 2022. Diharapkan setelah kegiatan KKN ini masyarakat yang menjadi tempat KKN bisa mengembanhkan dan membantu perekonomiannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.